Bau Busuk Menyengat Hidung dan Banyak Lalat, Suwandi Tinjau Tempat Pembuangan Sampah

0
562

Bagansiapiapi TINTARIAU.COM.Rabu,01 /02 / 2017, – Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Rohil, Suwandi, S.Sos tinjau Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sampah. Sampah dilokasi itu selain menimbulkan bau busuk, tapi juga banyak lalat. Suwandi berjanji akan menimbun sampah tersebut agar tidak menimbulkan dampak lingkungan.

Peninjauan dilakukan Selasa (O1/2/17), Suwandi mendapati, sampah dibuang pada salah satu ruas jalan buntu di Batu 6, bahkan timbunan sampah tersebut sudah sampai kejalan raya, Kantor Bupati Batu 6-Pelabuhan Baru.

“Kita akan gali lobang, lalu sampah tersebut dimasukkan dan ditimbun, “ katanya ketika ditanya tindakan apa yang dilakukan setelah meninjau kondisi sampah yang banyak lalat tersebut.

Sampah tersebut dibuang ditempat itu, bukan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), karena TPA dalam keadaan banjir dan sedang dilakukan pematangan lahan untuk rutan, sehingga sampah tak mungkin lagi dibuang ditempat itu.

Produksi sampah di Bagansiapiapi dan sekitarnya berasal dari rumah tangga dan pasar mencapai 120 meter kubik satu hari, TPA belum bisa menampung, sementara dibuang dibeberapa tempat, termasuk pada jalan buntu di Batu 6 tersebut.

Kedepan, akan dibangun TPA di Batu 10 (Bumi Ayu, red) sekitar STAI Ar-Ridha dengan lahan seluas 10 ha, dana sudah tersedia dari pemerintah pusat Rp40 miliar. “Cuma sekarang jalan masuk (sekira 6 KM, red) belum ada, pemerintah pusat meminta kita membangunnnya,” sebut Suwandi.

(tintariau.com / Jum’s)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here