SMAN 1 Dumai Raih Juara Pertama Lomba Sekolah Siaga Kependudukan, Melaju Ke Tingkat Nasional

0
130

DUMAI TINTARIAU.COM  , Rabu 19 Juni 2024 , Prestasi membanggakan ditoreh SMAN 1 Dumai berhasil meraih juara pertama lomba Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) tingkat nasional yang diselenggarakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI.

Pada hari Jum’at, 14 Juni 2024 , Deputi Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN RI Bapak Dr. Bonivasius Prasetya Ichtiarto, S, Si, M, Eng beserta Tim datang ke SMAN1 Dumai dalam rangka Verifikasi lapangan lomba Sekolah Siaga Kependudukan Paripurna Tingkat Nasional Tahun 2024.

Dalam Verifikasi lapangan Deputi Bidang Pengendalian Penduduk Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Bonifasius mengelilingi areal lingkungan SMAN 1 Dumai, termasuk Stan Pameran yang masuk dalam penilaian.

Apresiasi tersebut disampaikan langsung oleh Deputi Bidang Pengendalian Penduduk Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Bonivasius Prasetya Ichtiarto, S, Si, M, Eng.

Ia mengungkapkan apresiasi terhadap pelaksanaan Pendidikan Kependudukan tahun 2024. Dalam acara yang diselenggarakan untuk memberikan penghargaan ini, Bonivasius Prasetya Ichtiarto menyoroti berbagai upaya yang telah dilakukan BKKBN dalam mengedukasi masyarakat mengenai program pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana.

“Program Kerja sama Pendidikan Kependudukan merupakan salah satu bentuk Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) yang diselenggarakan oleh BKKBN untuk menyampaikan program-program pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana kepada masyarakat.

Melalui kerja sama ini, berbagai lini di masyarakat dilibatkan sehingga seluruh kalangan dapat teredukasi tentang Program Bangga Kencana,” kata Bonivasius, Kamis (14/Juni/2024).

Walikota Dumai H. Paisal,SKM,MARS menyampaikan Apresiasinya Kepala SMAN 1 Dumai, beliau menyampaikan ” SMAN 1 Dumai merupakan sekolah terbaik dari sekolah terbaik lainnya di kota Dumai,terkait penilaian sekolah siaga Kependudukan saya meyakini dan optimis SMAN 1 Dumai Insyaallah bisa meraih juara satu, SMAN 1 Dumai berasal dari kota Dumai dan ini menjadi kebanggaan bagi kita semua , ujar paisal.

Kepala SMAN 1 Dumai yaitu Rafles, S, Pd turut menyampaikan “Penduduk Indonesia bukan hanya obyek pembangunan, tetapi juga subyek yang aktif dalam pelaksanaan pembangunan nasional. Dalam upaya mencapai tujuan ini,

BKKBN telah menyelenggarakan kerja sama Pendidikan Kependudukan dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan kesadaran, masyarakat mengenai kondisi kependudukan serta dampaknya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan lingkungan hidup,” ujarnya.

Program kerja sama Pendidikan Kependudukan melibatkan SSK sebagai wadah pengintegrasian materi Program Bangga Kencana ke dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah.

“Melalui SSK kami ingin mendorong terinternalisasinya nilai-nilai Bangga Kencana dalam diri generasi muda, sehingga mereka memiliki pengetahuan yang berkualitas untuk merencanakan masa depan mereka dengan baik.

Salah satu hal penting yang ditekankan adalah bahwa SSK tidak hanya berfokus pada isu kependudukan, tetapi juga melibatkan isu-isu penting lainnya seperti kesehatan reproduksi, peningkatan usia perkawinan, pencegahan narkoba, dan perundungan. Ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan remaja dalam membuat pilihan-pilihan yang baik dalam perencanaan hidup mereka.

Di akhir ucapannya Rafles mengatakan ” Saya yakin dan optimis bahwa SMAN 1 Dumai InsyaAllah mendapatkan juara 1 Tingkat Nasional.

( Redaksi TR / Sri.N )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini