Pendataan Orang Gangguan Jiwa ( Gila )di Rohil Oleh Petugas Dinsos

0
582

Rokan Hilir TINTARIAU.COM.Bagansiapiapi Jumat 17 / 03 / 2017 – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) melalui Dinas Sosial (Dinsos) memperhatikan penanganan warga yang mengalami depresi atau gangguan jiwa. Pada tahap awal Dinsos telah mengirimkan empat penderita gangguan jiwa untuk mendapatkan pengobatan di RSJ Panam, Pekanbaru, Riau.

“Sebelumnya ada satu warga terlantar yakni bibik Alahe yang sudah ditangani, kondisinya membaik namun sampai saat ini pihak keluarganya belum diketahui ada dimana,” kata kepala Dinsos Rohil Dr HM Junaidi Saleh MKes, Jumat (17/3/2017) di Bagansiapiapi.

Setelah itu sebutnya Dinsos melakukan pendataan untuk penanganan penderita gangguan jiwa. Hasilnya ditemukan empat warga yang dinilai layak mendapatkan pengobatan atau rehabilitasi. “Satu orang berasal dari Kepenghuluan Bagan Jawa Pesisir dan ada tiga dari Labuhan Tangga, Kecamatan Bangko,” kata mantan kadiskes rohil itu.

Kendati kondisinya tidak begitu parah namun diperkirakan para penyandang gangguan jiwa tersebut selama ini hanya mendapatkan pengobatan secara tradisional saja sehingga tidak kunjung sembuh total. Malahan terang Junaidi ada yang seperti kambuhan, sesekali normal, namun dilain waktu kembali mengamuk.

Ia mengharapkan dengan adanya program terkait dari dinas diminta masyarakat tidak segan untuk memberikan laporan agar dapat ditangani dengan tepat. Prosedurnya harus ada surat pengantar atau keterangan dari RT seterusnya ke lurah/kepenghuluan dan camat serta ditambah surat keterangan dokter yang wilayah kerjanya di tempat korban berada.

“Bila persyaratan lengkap maka akan direkomendasikan untuk pengobatan ke RSJ Tampan di Pekanbaru, pengobatan diusahakan sampai sembuh,” sebutnya. Untuk pembiayaan bakal ditanggung pemerintah baik Provinsi maupun Pemkab.
(tintariau.com / Jum’s)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here