Kualitas Udara Hari ini di Pekanbaru dan Rohil sangat tidak sehat

0
73

RIAU TINTARIAU.COM Pekan Baru ,Sabtu 07 / 09 / 20919 – Kebakaran hutan dan lahan di sejumlah daerah di Riau seperti tak terkendalikan. Bahkan saat ini titik api di Riau kian marak. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat terdapat 154 titik panas yang tersebar di 8 wilayah di Riau. Dari jumlah tersebut, 97 titik dipastikan adalah kebakaran hutan dan lahan karena memiliki level confidence di atas 70 persen.

Akibatnya kabut asap pun kian parah. Beberapa daerah di Riau kualitas udaranya sudah mencapai level ‘Sangat Tidak Sehat, Sebagian lagi masuk kategori ‘Tidak Sehat.

Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Sabtu (7/9/2019), Indeks Standar Pencermaran Udara (ISPU) di Pekanbaru menunjukkan garis merah yang menandakan  kualitas udara ‘Sangat Tidak Sehat’. Karena parameter PM10 nilai ISPU menembus angka 260.

Selain Kota Pekanbaru, kualitas udara yang berada pada garis merah yakni  Rokan Hilir, yang mengindikasikan  telah masuk kategori ‘Sangat Tidak Sehat’. Karena nilai ISPU PM10 melonjak ke angka 226.

Sementara di Bengkalis, Dumai, Siak, Kampar masuk kategori garis kuning, indikasi kualitas udara   ‘Tidak Sehat’ dengan ISPU beravariatif. Di Bengkalis, nilai ISPU mencapai 185, Dumai 138, Kampar 199 dan Siak 118.

(Redaksi / Ferry Anthony)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here