GELAR ACARA SUKA MAKAN IKAN DAN LOMBA MEMASAK

0
457

Rokan hilir TINTARIAU.COM.Bagansiapiapi Jumat , 04-05-2018 Dinas Perikanan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar acara gemar makan ikan serta lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten. Acara di buka secara resmi oleh Asisten III Bidang Administrasi umum, Muzakkar bertempat dihalaman kantor Dinas Perikanan Rohil dikawasan perkantoran batu enam Bagansiapiapi, Kamis (26/4/2018).

Hadir pada acara. Kepala Dinas Perikana Rohil Muhammad Amin, Kabid pengelolaan dan pemasaran Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Riau Yan Azhari, Plt Ketua Tim Penggerak PKK Rohil, Nur Ainun beserta , para camat se-Rohil Dan TP PKK Kecamatan yang menjadi peserta lomba masak, dewan juri dari Griya Food Pekan Baru, Titan, Diskes Rohil Wawan dan para guru serta siswa-siswi TK dan SD yang menjadi peserta gemar makan ikan.

Ketua panitia pelaksana gemar makan ikan dan lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2018, Wiwik Shita, SPi dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bekerja sama antara Dinas Perikanan Rohil dengan TP PKK dalam upaya untuk meningkatkan komoditi ikan dan meningkatkan kwalitas sumber daya manusia Indonesia.

Dalam mendukung petani pangan dan gizi nasional diperlukan dukungan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein yang berkwalitas tinggi.

“Salah satu eplementasi gemar makan ikan adalah melalui promosi edukatif peningkatan produksi ikan dalam bentuk lomba masak serba ikan yang dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat Kabupaten/Kota hingga nasional,” kata Wiwik.

Lebih lanjut dijelaskannya, peserta gemar makan ikan terdiri dari 100 orang anak-anak tingkat SD dan TK sedangkan peserta lomba masak serba ikan di ikuti TP PKK dari 18 Kecamatan se-Rohil.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekdakab Rohil, Muzakkar dalam sambutannya menyampaikan bahwa keberhasilan pembangunan suatu bangsa ditentukan oleh keberhasilan bangsa tersebut dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkwalitas, sehat, cerdas dan produktif dengan membumikan makan ikan yang memiliki sumber nutrisi yang tinggi.

“Selain kegiatan gemar makan ikan juga ada lomba masak serba ikan ini merupakan bagian dari upaya peningkatan komsumsi ikan dalam memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan ke masyarakat luas,” kata Muzakkar.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Rohil, M. Amin menyampaikan bahwa kegiatan gemar makan ikan yang merupakan gerakan memasyarakatkan gemar makan ikan dan hal ini merupakan program nasional yang sudah dilaksanakan seluruh Kabubaten/Kota dan Propinsi di Indonesia.

“Kegiatan gemar makan ikan ini merupakan program nasional dengan gerakan memasyarakatkan gemar makan ikan, namun di Rohil baru Tahun ini dilaksanakan berhubung tahun-tahun sebelumnya kita melaksanakan kegiatan yang paling urgan seperti membantu nelayan atau membantu pembudidaya ikan,” kata Amin.

Sedangkan kegiatan lomba masak serba ikan diterangkan Amin sebagai upaya untuk menjadikan masyarakat kita agar lebiah kreatif dalam mengelola makanan dari bahan ikan, sehingga ikan bisa ditampilkan dengan berbagai bentuk makanan atau kuliner yang dapat mendatangkan selera masyarakat untuk mengkonsumsinya.

Pada lomba masak serba ikan, TP PKK Kecamatan Pasir Limau Kapas berhasil meraih juara I, TP PKK Kecamatan Bangko juara II, Rimba Melintang juara III, Simpang Kanan harapan I dan Sinaboi memperoleh juara harapan II. TP PKK Kecamatan Pasir Limau Kapas yang memperoleh juara I akan diutus untuk mengikuti perlombaan masak serba ikan di tingkat propinsi Riau.

(tintariau.com/jum’s)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here