FGD Sinkronisai Data Statistik Sektoral, Plt.Kadiskominfo:Butuh Kolaborasi dan tanggung jawab bersama

0
139

TINTARIAU.COM Dumai , Kamis ,17 / 06 / 2021 – Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Dumai, Drs. H. Khairil Adli, M.Si membuka sekaligus memimpin rapat Forum Group Discussion (FGD) Koordinasi dan Sinkronisasi Data Statistik Sektoral Kota Dumai 2021. Bertempat di Grand Zuri Hotel Dumai, Rabu (16/06).

Kegiatan yang ditaja oleh Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo Kota Dumai ini bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Dumai untuk mengimplementasikan Perpres No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia yaitu kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan dibagi pakaikan.

Dalam sambutanya, Plt. Kepala Diskominfo Kota Dumai, Drs. H. Khairil Adli, M.Si mengatakan bahwa FGD yang digelar bisa menghasilkan sinkronisasi data yang ada pada masing-masing institusi jajaran di pemerintahan  Kota Dumai dengan gabungan data BPS Kota Dumai sehingga terjadi kesesuaian data selama 3 tahun terakhir yaitu tahun 2019-2021 untuk kesesuaian data Yang akan dipublikasi pemerintah Kota Dumai.

“Sinkronisasi data kota Dumai  bukanlah tugas BPS dan DISKOMINFO semata, melainkan tanggung jawab kita semua baik pemerintah daerah maupun instansi lainya yang terkait. Maka data tersebut harus sinkron dalam penyusunannya,” ucap Khairil Adli.

Untuk kedepanya BPS Kota Dumai dan Diskominfo Kota Dumai menjalin kerjasama untuk membuat forum dimana dalam forum tersebut terdapat seluruh data pemerintahan Kota Dumai. Selain itu, forum ini juga menghasilkan beberapa pertemuan secara intens dan saling berkolaborasi sehingga membentuk Pemerintahan Kota Dumai yang bersinergi.

“Forum ini bertujuan untuk menjamin kesinambungan ketersediaan data yang bersumber dari setiap sektor, menjaga dan meningkatkan kualitas data yang dihasilkan oleh setiap sektor untuk mendukung peningkatan kualitas perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan daerah Kota Dumai,” ucapnya.

Seusai sambutan Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Dumai dilanjutkan dengan pemaparan oleh Kepala BPS Kota Dumai, Drs. Morhan Tambunan, M.Si terkait koordinasi dan inkronisasi Data Statistik Sektoral Kota Dumai.

Turut hadir pada kegiatan FGD ini perwakilan OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Dumai.

( Redaksi TR / Sri.N / Discominfo Dumai )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here