Diserang Hama Tikus, Ratusan Hektar Padi Gagal Panen di Baganjawa Bgansiapiapi.

0
575

Rokan Hilir TINTARIAU.COM Bagansiapiapi  Kamis , 02 / 02 /2017  – Ratusan hakter tanaman padi di Kepenghuluan Bagan jawa (Baja) Pesisir, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir mengalami gagal panen. Gagal panennya masyarakat setempat disebabkan lahan pertaniannya di serang hama tikus.

“Ada sekitar 20 kelompok tani mengalami gagal panen akibat diserang hama tikus,” ujar Ketua Kelompok Tani Tunas Unggul Satu, Misyanto, Kamis (2/1/2017) di Bagansiapiapi. Dijelaskan, rencananya padi itu akan dipanen dalam waktu dekat ini, namun harapan petani pupus setelah hama tikus menyerang buah padi mereka.

Ditambahkan, kondisi ini terjadi yang ketiga kalinya setelah penanaman pertama dan kedua mengalami gagal panen akibat bencana banjir.  “Akibat gagal panen ini petani mengalami kerugian ratusan juta rupiah,” ujarnya. Ia berharap adanya solusi dari pemkab rohil melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perkebunan untuk mengatasi hal tersebut, karena tidak tertutup kemungkinan hama tikus akan menyerang tanaman padi lainnya.

“Sudah kami sampaikan persoalan ini ke dinas terkait, mereka akan segera turun kelapangan dan mencari solusi dari permasalahan ini,” pungkasnya.

(tintariau.com ? Jum’s)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here