Deklarasi Hari Sampah Nasional (HPSN ) Tingkat Kab.Rohil Di Hadiri Bapak Bupati H.Suyatno.Amp

0
138

ROKAN HILIR TINTARIAU.COM Bagansiapiapi Rabu , 11/ 03 / 2020 – Hari peduli sampah nasional (HPSN) tingkat kabupaten Rokan Hilir tahun 2020 sekaligus penandatanganan deklarasi kabupaten Rokan Hilir bersih sampah tahun 2020 .

Di pusatkan di kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rokan Hilir Jalan Kecamatan komplek perkantoran batu enam Bagansiapiapi, Rabu (11/03/2020). Hadir saat ini Bupati Kab.Rohil.

H.Suyatno, AMp, ketua DPRD Rohil Maston, Kajari Rohil Gaos Wicaksono,SH,MH, Kasdim Mayor Sumarno, wakil ketua DPRD Rohil Hamzah,SHi,  Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais,SH.

Mewakili kakankemenag Rohil Ustadz Masril, ketua DMI Rohil Wazirwan Yunus, kadis Dinas Lingkungan Hidup Suwandi, S.Sos, para Asisten, pejabat pimpinan tinggi Pratama dan pejabat administrator dilingkungan Pemkab Rohil, sejumlah penghulu dan sejumlah kepala sekolah serta para petugas kebersihan.

Pada saat penandatanganan deklarasi dilaksanakan oleh Bupati Rokan Hilir, ketua DPRD Rohil, Kajari dan secara simbolis oleh 10 penghulu dan 10 kepala sekolah.

Dalam kesempatan ini dilakukan juga pemberian penghargaan kepada pengelolaan sampah berbasis masyarakat di Rokan Hilir kepada kepenghuluan Mukti Jaya kecamatan Rimba Melintang, kelurahan Bagan Sinembah Kota kecamatan Bagan Sinembah Raya.

Kepenghuluan Lenggadai Hulu, kecamatan Rimba Melintang, Kepenghuluan Pelita kecamatan Bagan Sinembah, Bank Sampah Seiso Kelurahan Balam Jaya kecamatan Balai Jaya dan Bank Sampah Al Fahry Kelurahan Balai Jaya kota kecamatan Balai Jaya.

Seusai pembukaan dengan memukul gong oleh Bupati Rohil dilanjutkan meninjau kreasi kerajinan dari sampah dan penanaman pohon.

Ketua panitia Suwandi, S.Sos dalam sambutannya menjelaskan pada HPSN telah diterbitkan undang undang tentang sampah sedangkan di daerah Rohil sudah ada perda dan perbup.

Dikatakannya maksud dan tujuan kegiatan ini agar dibudayakan hidup bersih di lingkungan masyarakat masing-masing.

“Nanti ada penandatanganan deklarasi, penyerahan penghargaan kepada bank sampah yang telah melakukan pengelolaan sampah, lomba melukis dan menanam pohon,”katanya.

Sedangkan bupati kabupaten Rokan Hilir (Rohil) H.Suyatno menjelaskan bahwa tentang sampah di Bagansiapiapi sudah baik meskinpun ada juga sampah yang tertinggal karena masih menunggu giliran pengangkut sampah. Memang ada juga pengusulan Suwandi agar memimpin dinas lain.

”Namun selama saya masih bupati Suwandi tetap menjadi kadis Lingkungan Hidup,”kata Suyatno.

Dia bahkan memuji pekerjaan Suwandi selama memimpin dinas lingkungan hidup. Dimana hal kecil hanya dengan cat dapat mengindahkan kota Bagansiapiapi ini.

“Diharapkan kepada Dinas Lingkungan Hidup segera lelang untuk taman hutan kota,”ujarnya.

Diharapkan kepada masyarakat tentang kebersihan agar senantiasa digalakkan yang saat ini semakin hari semakin sadar terhadap sampah agar hidup bersih.

“Diharapkan pengawas berpakaian tersendiri dan kenderaan untuk pengawas sampah. Tapi jika masih ada juga sampah maka pengawas akan diganti,”tuturnya.

(Redaksi / Jumaris /ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here