Balai Latihan Tenun Rokan Hilir Akan Dipindahkan ke Pasar Pelita.

0
740

Rokan Hilir TINTARIAU.COM.Bagansiapiapi Selasa ,04/04/2017 – Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pasar (Disperindag Pasar) kabupaten rokan hilir (rohil) dalam waktu dekat akan memindahkan Balai Latihan Tenun (BLT) dari kantor Lembaga Adat Melayu (LAM) kepasar pelita dengan memanfa’atkan ruko-ruko yang masih kosong.  Hal ini dilakukan agar hasil tenunan kerajinan tangan itu bisa diketahui dan dipasarkan langsung kemasyarakat banyak.
“Selama ini BLT letaknya sangat jauh dari pusat kota, sehingga masyarakat kita masih banyak yang belum mengetahui apa-apa saja hasil produk kerajinan rohil itu. Makanya dari itu kita akan memindahkan BLT ditengah pusat ibukota agar hasil kerajinan tenun itu bisa diketahui sekaligus bisa dipasarkan,

” Kata Kadis Perindag Pasar Rohil, Drs H Sukma Alfallah Msi, Selasa (4/4/2017) di ruang kerjanya.

Diakui mantan kepala Bapedal rohil itu kalau selama ini produk hasil kerajinan tenun belum ada yang dipasarkan keluar rohil. Makanya tahun ini pihaknya berupaya semaksimal mungkin untuk mengenalkan produk-produk kerajinan rohil kemasyarakat luas.

“Minimal tahun 2017 ini harus ada produk yang kita kenalkan kepada masyarakat. Dengan begitu, produk yang ada nantinya bisa kita tawarkan kepada para tamu yang berkunjung ke negeri seribu kubah,” Kata Sukma.

Ia juga menyebutkan, Pada tahun ini pihaknya juga akan melakukan pembinaan terhadap penenun yang selama ini dibina oleh lembaga adat melayu (LAM) Rohil. Dimana penenun itu sudah kita ambil alih yang jumlahnya sekitar 8 orang.  “Kita punya tenaga tenun yang jumlahnya 8 orang, jadi nantinya akan kita bina dan hasilnya bisa kita jual untuk menambah pendapatan daerah,” pungkasnya.
(TintaRiau.com/Jum’s)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here