Kapolri Minta Maaf Kepada Masyarakat bila Kinerja Polri Belum Maksimal

0
184

TINTARIAU.COM  Jakarta Rabu , 01/ 07 / 2020  – Kapolri Jenderal Idham Azis meminta maaf kepada masyarakat apabila selama bertugas, jajarannya belum dapat memenuhi ekspektasi yang ada.

Hal itu diungkapkan saat memberi sambutan dalam perayaan Hari Bhayangkara ke-74 yang digelar secara virtual dengan jajaran Polda dan Polres di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Rabu (1/7/2020).

“Dalam kesempatan ini saya memohon maaf kepada masyarakat seluruh Indonesia apabila ada kinerja atau hal-hal yang belum bisa membuat ekspektasi masyarakat senang sama Polri,” kata Idham dalam sambutannya.

Meski demikian, Jenderal polisi berbintang empat itu merasa bahwa dirinya selalu memikirkan untuk bertindak dan berbuat yang terbaik untuk institusi kepolisian. Dia pun menyinggung penilaian masyarakat terhadap Polri dapat dikatakan baik dengan mencapai 82 persen. Oleh sebab itu, menurut dia hal tersebut perlu dipertahankan. “Karena itulah modal dasar kami sehingga kami dicintai oleh masyarakat,” tambah Idham.

Dalam pidatonya, Idham juga mengatakan selama ini polisi yang bertindak baik belum tentu dimaknai baik oleh masyarakat. Oleh sebab itu, dia mengingatkan jajarannya agar tidak sekedar baik, melainkan menjadi yang terbaik.

Selepas perayaan Hari Bhayangkara, mantan Kapolda Metro Jaya ini kembali menyinggung permohonan maaf itu kepada awak media. Harapan dia, meski ke depannya banyak tugas-tugas menumpuk untuk kepolisian, namun nantinya tetap dapat dicintai oleh masyarakat. “Kami akan benahi (kekurangan institusi), sehingga ke depannya Polri semakin dicintai masyarakat,” pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta dengan tegas agar Polri mengutamakan keselamatan rakyat dalam melakukan penindakan hukum. Menurutnya, tindakan persuasif dan humanis harus diutamakan.

Jokowi menyampaikan itu saat menjadi Inspektur Upacara di hari peringatan HUT Bhayangkara di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/7). “Perlu saya tegaskan keselamatan rakyat adalah yang utama, keselamatan rakyat hal tertinggi, lakukan secara persuasif dan humanis,” kata Jokowi.

Arahan Jokowi itu bukan berarti meminta Polri menjadi lebih lunak, tapi tetap harus tegas. Selain itu, dia meminta agar Polri menjaga profesionalitas sebagai penegak hukum yang mengutamakan keselamatan rakyat.

Peringati Hari Bhayangkara, Polres Meranti Gelar Upacara Virtual dan Syukuran

MERANTI – Memperingati Hari Bhayangkara ke-74, Rabu 1 Juli 2020, Polres Kepulauan Meranti melaksanakan upacara secara virtual dan melaksanakan syukuran.

Upacara dilaksanakan di Ruang Rupama Mako Polres Kepulauan Meranti dengan cara virtual secara live streaming dari Istana Merdeka yang dipimpin oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo didampingi Kapolri Jendral Polisi Drs. Idham Aziz M.Si, dan disaksikan oleh seluruh Polda dan Polres Jajaran.

Hadir dalam upacara virtual Hari Bhayangkara ke-74, Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan MSi, Kapolres Meranti AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH, Ketua DPRD Meranti Ardiansyah SH MSi, Kajari Meranti Budi Raharjo SH MH, Wakapolres Meranti Kompol Nipwin Bonar Hutabarat SE AK MH, Kabag Sumda Arengka Swasono, Kepala Kantor Imigrasi Selatpanjang Maryana SSos, Dandim 03 Bengkalis yang diwakili oleh Danramil 02 Tebing Tinggi Bismi Tambunan, Ketua MUI Meranti, Kakan Kemenag Meranti, Kepala Rutan Selatpanjang, Paurbankum Subbaghukum Bag Sumda IPDA Jimmy Andre SH MH.

Usai upacara secara virtual, kegiatan dilanjutkan dengan acara syukuran dalam rangka Hari Bhayangkara Ke- 74 Polres Kepulauan Meranti.

Kapolres dalam sambutanya menekankan kepada personil bahwa dengan memperingati hari Bhayangkara ke-74 ini, agar meningkatkan kinerja sehingga Polri bisa lebih baik kedepannya.

“Polri sudah masuk ke usia ke-74. Tentunya ke depan kita harus lebih baik lagi dari tahun tahun sebelumnya. Tingkatkan kinerja dalam bertugas melayani masyarakat serta senantiasa menjaga solidaritas kita bersama TNI dan stakeholder lainnya dalam melaksanakan  tugas-tugas kita sebagai anggota Polri, sehingga akan tercipta situasi kamtibmas yang kondusif, karena dengan situasi kamtibmas yang kondusif masyarakat juga akan semakin produktif,” ujarnya.

Sementara itu, Kadisparpora Meranti Rizki Hidayat S.STP, yang mewakili Bupati, saat kegiatan syukuran, dalam sambutannya mengharapkan Polri kedepannya agar dapat bersinergi bersama Pemerintah Daerah dalam rangka  mewujudkan kamtibmas kondusif di Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Saya mewakili Pemerintah Daerah Kepulauan Meranti mengucapakan selamat Hari Bhayangkara ke-74, kamtibmas kondusif masyarakat semakin produktif, dan saya mengharapkan kepada Polres Kepulauan Meranti agar bersinergi bersama pemerintah dalam mewujudkan  kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Kepulauan Meranti,” kata Rizki.

Selanjutnya, kegiatan diisi dengan pemotongan tumpeng, pemberian kue ulang tahun dari Dan Posal, pemberian hadiah pemenang kepada Polsek Ideal Jajaran Polres, pemberian penghargaan kepada personil yang berprestasi dan ditutup dengan doa serta foto bersama. *

 ( Redaksi  Sri.N / Firman )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here