Puncak Pesta Adat Manortor Kahiyang-Bobby

0
561

Medan Tinta Riau.com , Sabtu 25 /11 / 2017 – Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution sudah memulai rangkaian pernikahan dengan upacara Adat Mandailing sejak Senin (20/11) lalu.

Pesta adat Kahiyang-Bobby dimulai dari upacara penyambutan dan pemberian marga kepada Kahiyang, yang dilanjutkan dengan prosesi Manortor. Upacara menari tor-tor itu sudah berlangsung sejak Jumat (24/11) pagi kemarin. Malamnya, keluarga besar Manortor selama 12 jam sampai pagi.

Pesta adat Manortor Kahiyang-Bobby hari ini pun memasuki acara puncak. Prosesi paling penting ini bisa disaksikan secara langsung oleh masarakat.

Pada gelaran manortor ini para tetua adat bersama barisan kaum ibu akan ikut Manortor bersama sebagai pertanda bergembira akan kedatangan Kahiyang Ayu di keluarga mereka.

Dalam pesta adat ini digelar Mata Ni Horja yaitu puncak upacara adat. Itu dimulai dengan penyambutan untuk Jokowi beserta keluarga. Alat musik tradisional Gordang Sambilan akan mengiringi prosesi itu.

Jokowi beserta Iriana Jokowi akan diberi ulos khusus dan ikut Manortor bersama.

Acara itu berlanjut dengan Tu Tapian Raya Bangunan, yaitu doa untuk menempuh hidup baru. Setelahnya, Kahiyang-Bobby akan diberikan gelar sebagai seorang yang sudah berumah tangga.

Manortor kemudian ditutup oleh Manyoda Gordang dengan gondang dan teriakan ‘Horas’ sebanyak tiga kali.

Setelah rangkaian pesta adat Mandailing ini, Kahiyang-Bobby menggelar resepsi pernikahan di kediaman Bobby di perumahan Bukit Hijau Regency pada Minggu (26/11)

(tintariau.com/CNN Indonesia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here