PMO Program Sekolah Pengerak Level SMA Negeri 1 Dumai

0
13

DUMAI TINTARIAU.COM , Rabu 28 February 2024 – Keberhasilan Program Sekolah Penggerak (PSP) ditentukan oleh Pos Management Office (PMO) di level sekolah. Kegiatan PMO ini memastikan program berjalan on the track atau sebagaimana mestinya. PMO diterapkan di sekolah penggerak, termasuk SMA Negeri 1 Dumai yang merupakan salah satu Sekolah Penggerak di Kota Dumai. PMO sebagai standarisasi proses dari program dan mengoordinasikan penggunaan bersama sumber daya, metodologi, peralatan dan teknik. Hal itu akan berlaku di setiap proses mulai dari perencanaan, pemantauan, pengelolaan, pengendalian isu strategis dan resiko-resiko yang timbul hingga pembuatan laporan.

PMO level SMA Negeri 1 Dumai difasilitasi kepala sekolah dan diikuti pengawas, guru, dan komite pembelajaran. PMO level sekolah akan melakukan rapat koordinasi minimal 1 kali tiap bulan untuk membahas capaian sekolah, target bulan depan, kendala yang ada dan rencana tindak lanjut serta solusi dari permasalahan yang timbul.

Belum Lama ini, diterbitkan kebijakan PSP bahwa pendampingan yang dilakukan oleh Fasilitator Sekolah Penggerak perlu dilakukan transisi kepada sekolah dan pemerintah daerah untuk menjaga keberlanjutan Program Sekolah Penggerak. Salah satu upaya untuk transisi pendampingan adalah melakukan estafet fasilitasi kegiatan PMO level sekolah dari Fasilitator Sekolah Penggerak ke kepala sekolah. Transisi ini dimulai pada tahun pendampingan 2023-2024 pada Sekolah Penggerak angkatan, SMA Negeri 1 Dumai adalah Sekolah Pengerak Angkatan 2.

Pada kegiatan PMO PSP SMA Negeri 1 Dumai, pada pelaksanaan PMO ini di laksanakan setiap satu kali dalam dua bulan untuk SMA Negeri 1 Dumai dilaksanakan pada hari Jumat, 23 Februari 2024 , peserta PMO adalah pengawas pembina Bapak Puasa Simanjuntak,S.Pd ,M, Pd, Guru guru Koordinator Kombel, Guru Mapel dan Guru guru dan Ketua MGMP Mapel.

Rafles, S.Pd Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Dumai menyampaikan ” Topik PMO level SMA Negeri 1 Dumai yaitu ,Peran Komunitas Belajar ( Kombel ),di samping itu juga di lakukan peningkatan kualitas Pembelajaran Berbasis Pada Murid dengan rencana tindak lanjut Peningkatan Kompetensi Guru dalam mendorong murid mengungkapkan kesulitan yang dihadapi dalam pembelajaran, mengawali pembelajaran dengan aktivitas yang menarik murid dan kemampuan memberikan umpan balik pada proses belajar murid.

Dengan kegiatan PMO level sekolah diharapkan menemukan akar masalah, rencana tindak lanjut mengatasi masalah, sehingga terwujud transformasi visi pendidikan yang berpusat pada murid dan lingkungan belajar yang aman, nyaman dan menyenangkan.

( Redaksi TR / Sri.N )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini