Penegerian UPP Rohul Terkendala Sertifikat Lahan

0
269

Rohul TintaRiau.com  – Ketua Dewan Pembina Yayasan Pembangunan Rokan Hulu (YPRH), Drs H Achmad MSi yang juga mantan Bupati Rohul dua priode, gesa Pemerintah Kabupaten Rohul serta Rektor UPP mengurus sisa administrasi proses penegrian Unisversitas Pasir Pengaraian (UPP) yang sudah dimulai mantan Rektor UPP Prof Feliatra DEA pada 2013 lalu.

“Yayasan beri tantangan ke Rektor UPP Adolf Bastian, agar dapat mewujudkan UPP yang bestatus PTS jadi Universitas Negeri Pasir Pengaraian pada tahun 2017 mendatang,” tegas Ketua Dewan Pembina YPRH, Drs H Achmad MSi.

Selaku pembina YPRH, dirinya berharap bisa segera terwujud menjadikan UPP Negeri Keinginan itu, berdasarkan cita-cita menciptakan pendidikan yang berkualitas, murah. Pihak UPP juga sebelumnyam sudah  ajukan proposal untuk penegerian UPP sejak tahun 2013, hanya saja hingga kini adanya sejumlah kendala dibidang administrasi yang diharapkan dapat ditindaklanjuti Pemkab Rohul dan pihak Rektorat UPP.

Apalagi,kini seluruh persyaratan administrasi baik secara akademik untuk penegerian UPP dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) jadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN), sudah dilengkapi dan dinilai telah penuhi standar. Juga telah diajukan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. UPP juga satu-satunya PTS swasta di Riau, yang sudah masuk bagian proses penegerian jadi PTN oleh Kemendikbud. Karena 1 Agutus 2013 lalu, sudah tidak ada lagi proses penegerian Perguruan Tingi (PT), dalam artian proses negerian UPP sudah masuk sebelum moratorium penegerian perguruan tinggi.

Achmad mengaku, dimana kendala dalam persyaratan penegerian UPP yang belum tuntas,  terkait sertifikasi lahan UPP seluas 25 hektar, dan kini masih dalam tahap proses di Badan Pertanahan Nasional (BPN) Rohul.

“Berharap sertifikasi lahan UPP ini bisa segera dituntaskan secepatnya. Sehingga tahun mendatang, dengan lengkapnya persyaratan yang masih kurang itu, UPP sudah harus berstatus universitas negeri,” harap Achmad.

Achmad juga menginginkan, kemajuan yang lebih, UPP. Bila hari ini memiliki mahasiswa 2.965 orang, 4 tahun mendatang jelang berakhirnya masa jabatan Rektor UPP Adolf Bastian, mahasiswa sudah berjumlah 10 ribu baik yang berasal dari Rohul maupun dari kabupaten/kota di Riau.

Sikapi tuntutan dan tantangan pihak YPRH,  Rektor UPP DR Adolf Bastian MPd mengakatan, pihaknya siap mewujudkan perubahan yang lebih baik di UPP. Karena dinilainya, secara infrastruktur, Sumber Daya Manusia seperti jumlah dosen serta latar belakang pendidikan Stara II dan Strata III.

“Kita siap dan akan berjuang maksimal untuk penegerian UPP,” tegasnya.***[ Rohultoday.co mds]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here