Pemerintah Daerah Dan DPRD Kab.Kep.Meranti , Pastikan hadir dalam Pencegahan Covid-19

0
266

RIAU TINTARIAU.COM Pekanbaru Jumat , 20 /03/2020 –  Bapak Bupati Kepulauan Meranti  Drs.H. Irwan,Msi dan kepala dinas kesehatan Bapak dr.H.Misri Hasanto M.Kes , beserta Anggota DPRD Kab.Kep.Meranti Bapak Dedi Putra,SHi.(Kamis,19/03/2020)

Berkunjung Ke RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru , Alhamduliah disambut baik oleh direktur utama RSUD Arifin Ahmad bapak dr Nuzeli,MARS dan ketua tim pencegahan virus corona provinsi riau Bapak dr.Yovi Indra S sepesialis paru paru. Bersama k.a TU dan humas RSUD Arifin Ahmad.

Dalam pembicaraan itu yang utama adalah bahwa pemerintah kab.kep.meranti melalui bapak bupati , Drs.H.Irwan,Msi keseriusan nya dalam upaya upaya preventif kesiap siagaan terhadap bahaya penularan virus corona di kep.meranti.

Menurut Bapak dr.H.Misri Hasanto,M.Kes , salah satu upaya yang di lakukan adalah , bagaimana untuk mengadakan ruang isolasi di kab.kep.meranti, bahkan juga membuat siaga untuk puskesmas , seandainya kasus virus corona ini berlanjut atau bertambah kasusnya di kab.kep.meranti ini.

”Dimana data sementara kita sudah siapkan lebih kurang 20 ruangan isolasi yang berada di RSUD , Puskesmas rawat inap , di karenakan potensi kab.kep.meranti cukup besar dalam infeksi ini , malah kita juga sedang berupaya menyiapkan ruangan ruangan khusus dengan peralatan lengkap , termasuk alat itu sendiri untuk petugas, termasuk juga ventilator ,seandainya ada suspect virus corona ini yang sesak nafas.

jika itu terjadi kita siapkan ventilator , kenapa , karena virus corona ini justru menyerang sistim pernafasan manusia , langkah yang paling strategis di lakukan sekarang ini , kami sedang menyiapkan sebuah hotel di kab.kep.meranti , jika kalau kasus ini terjadi lonjakan kasus.

Kami sudah menyiapkan hotel dimana nanti masyarakat nyaman , aman dirawat dan di isolasi selama masa inkubasi , 14 hari , kita sudah melakukan koordinasi dimana salah satu hotel di kab.kep.meranti akan kita sewa , untuk persiapan kalau kasus ini semakin meningkat di kab.Kep.meranti.

”Masih menurut Bapak dr.H.Misri Hasanto,M.Kes langkah langkah lain kita adalah sedang berupaya mendapatkan 1000 pcs alat pelindung diri , yang akan di oprasionalkan seluruh puskesmas dan RSUD di kab.kep.meranti, kita juga menyiapkan sekarang masker yang standar , kemudian juga hand sanitizer anti septik untuk cuci tangan sehingga kita berharap tentu setiap yang demam , yang berkontak  atau mungkin patut diduga terinfeksi virus corona ini bisa kita deteksi,”paparnya”.

Makanya kami berharap kepada seluruh jajaran tim kesiap siagaan virus corona di kab.kep.meranti yang sudah di tanda tangani oleh bapak Bupati tertanggal 17/03 yang lalu , bisa berjalan efektif disitu juga menyangkut banyak OPD ( Organisasi Perangkat Daerah ) , termasuk instansi vertikal , TNI ,Polri dan lainnya , Kita berharap tim ini efektif saling bersinergi bahu membahu , sehingga kita menyatakan bagaimana supaya virus corona ini merupakan menjadi musuh bersama.

Kita sudah melakukan koordinasi dengan Kepala dinas kesehatan provinsi riau , direktur utama RSUD Arifin Ahmad , ketua tim penanggulangan virus corona ini , dr.Yovi Indra S spesialis paru paru , dalam hal hal tertentu kita sudah menyiapkan juru bicara yang resmi dari pemerintah , jika ada masyarakat yang bertanya dapat koordinasi dan mengkonfirmasi kan kepada Muhammad Fahri SKM sebagai juru bicara resmi pemerintah.

Untuk ini kami menghimbau seluruh awak media baik media cetak , media elektronik , media online , insan pers agar nanti bisa berkomfirmasi pada yang bersangkutan, agar tidak terjadi bias persoalan virus corona ini , atau miss komunikasi tentang virus corona , di kab.kep.meranti ini.

Apa lagi sekarang malah justru lebih mematikan lagi , informasi berita yang sesat dari virus coronanya ini juga masalah , kami berharap kepada wartawan insan pers , bisa meluruskan setiap berita yang kita terima .

( Redaksi/ Firman / ADV )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here