Kebakaran Hutan Dan Lahan Gambut , Mendekati Bandara Pinang Kampai Kota Dumai

0
484

Dumai TintaRiau.com Senin 11 Maret 2019, – Api kebakaran hutan dan lahan gambut , terus menjalar melaju kearah barat ,  kira kira 2 km kearah barat daya , ini sudah meresahkan bagi sebagian warga setempat bahkan sudan mendekati lokasi tempat penerbangan Kota Dumai , yaitu Bandara Pinang Kampai Dumai.

Lokasi Kebakaran hutan dan lahan dapat di lihat , dari titik koordinat melalu GPS,  photo  kebakaran hutan dan lahan gambut terlihat seperti dalam gambar , gambar ini diambil pada titik koordinat 1°36’5”,101°27’13” tepatnya di daerah Paman Jaya RT 12 Kelurahan Tanjung Palas , Kecamatan Dumai Timur, Kodya Dumai.

Ketika wartawan Tintariau.com bersama tim Infestigasi , menuju untuk meninjau lokasi ,  dimana titik lokasi kebakaran, seksi penduduk setempat yang juga tergabung dalam , anggota Masyarakat Peduli Api ( MPA ) yang bernama Robinson dan Hermawan ,  mengatakan “ Titik Api mulai terjadi Rabu 6 Maret 2019.

Kemudian Pagi Kamis , 7 Maret 2019. Akibat cuaca panas dan kemarau api mulai merambat di hutan dan lahan gambut yang mudah terbakar oleh api , api membesar, ketika saya dapat laporan dari masarakat setempat serta saya melaporkan kejadian tersebut  ke Babinkamtimas setempat.

Poltak Sitomorang anggota Kelompok Petani setempat mengatakan , Luas lahan yang terbakar sampai Sabtu sore ini ( 9 Maret 2019 ) kami perkirakan mencapai 20 sampai dengan 25 hektar, kami berharap segera, mendapatkan bantuan alat alat untuk padam kebakaran  hutan dan lahan.

Dandim 0320 Dumai Letkol ( Inf) Horas Sitinjak dan anggotanya  TNI AD, bersama aparat POLRI dan Manggala Agni ,terlihat dilokasi kejadian kebakaran hutan dan lahan.

Sekali kali terlihat dan terdengar suara heli copter menumpahkan air dikolasi kebakaran , di sela sela istirahat bersama dengan para petugas TNI AD dan POLRI di sebuah pondok,  rumah tidak jauh dari tempat kebakaran tersebut .

Dari hasil tim infestigasi bersama Wartawan Tintariau.com  , terungkap bahwa,  mereka sangat kekurangan dan minimnya alat alat pemadam api , dalam kebakaran hutan dan lahan, sedangkan lokasi kebakaran semakin mendekati bandara Pinang Kampai Dumai.

Dalam melakukan infestigasi di lapangan dikatakan bahwa ,  Rt setempat , Lurah , Camat dan Walikota juga belum pernah datang, untuk mengunjungi lokasi kebakaran .

Untuk melihat dan memastikan apa saja yang dibutuhkan untuk mempercepat penanggulan api , kebakaran hutan dan lahan gambut yang semakin kering dan gampang mudah  terbakar di wilayah tersebut.

( Redaksi / Sri.N-TR14 )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here