Irjen.Pol. Mohammad Iqbal Umumkan Pemenang Lomba Karya Jurnalistik Cooling System Pemilu Damai 2024

0
11

PEKANBARU TINTARIAU.COM Minggu 10 Maret 2024 – Pada Sabtu Siang, (9/3/24) Polda Riau gelar acara penutupan Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) Cooling System Pemilu Damai 2024, sekaligus pengumuman pemenang lomba yang di selenggarakan di Atrium Mal Living Wolrd Pekanbaru, yang sebelumnya pada selasa (5/3/2024) di buka oleh Kapolda Riau Irjen.Pol. Mohammad Iqbal, sebanyak 200 Karya Foto jurnalis, umum dan Polri di tampilkan di acara tersebut.

Terdapat 20 ribu lebih Link media Cooling System yang terkumpul sejak di bukanya lomba ini tgl 15 November 2023 hingga tutup pendaftaran tgl 18 Februari 2024 lalu, dengan peserta jurnalis baik TV Lokal dan Nasional, Media online lokal dan nasional serta Media Cetak yang ada di Riau.

Dalam acara penutupan tersebut turut hadir Kapolda Riau Irjen.Pol. Mohammad Iqbal, Kadiv Humas Polri Yang diwakili Karo Penmas Brigjen.Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko, Wakapolda Riau Brigjen.Pol. K.Rahmadi, Ketua Bawaslu Provinsi Riau Alnofrizal,

Direktur Komunikasi PT Indonesia Indicator Ny. Rustika Herlambang,Para PJU Polda Riau, Para Kapolres/ta Jajaran Polda Riau, Ketua PWI Prov Riau, Para Pimpinan Redaksi Media Prov Riau serta wartawan dan tamu undangan.

Kabid Humas Polda Riau Kombes.Pol. Hery Murwono sebagai Ketua Pelaksana melaporkan bahwa dalam kegiatan Lomba Karya Jurnalistik ini terdapat 2180 peserta yang mendaftar dengan rincian kategori jurnalis 302 peserta yang mendaftar, kategori Polri 1499 peserta yang mendaftar dan untuk kategori umum 379 peserta.

“Adapun jumlah karya yang di daftarkan sebanyak 2676 karya, dengan rincian karya tulis jurnalis sebanyak 418 karya, foto jurnalis 240 karya, video jurnalis 140 karya,untuk kategori Polri sendiri berjumlah 1241 karya dan video berjumlah  258 karya, untuk kategori umum karya foto yang terdaftar berjumlah 341 karya dan video berjumlah 38 karya,” Jelas Kabid Humas

Karo Penmas Brigjen.Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko Polri yang turut hadir mewakili Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Dr. H. Sandi Nugroho, S.IK., S.H., M.Hum, Beliau menegaskan dukungan Polri terhadap kegiatan positif masyarakat untuk terus mengembangkan diri melalui karya.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan seperti exhibition foto dan lomba karya jurnalistik yang diinisiasi oleh Polda Riau saat ini,” ujar Karo Penmas dalam membacakan sambutan dari Kadiv Humas.

Menurutnya, kegiatan seperti ini memiliki dampak positif yang besar, terutama dalam membentuk opini masyarakat. “Jurnalistik memiliki peran penting sebagai agenda perubahan melalui penyampaian berita kepada masyarakat,” tambahnya.

Dalam era digital ini, dengan perkembangan informasi yang pesat, Kadiv Humas menekankan pentingnya literasi digital agar masyarakat mampu menyaring dan melakukan verifikasi terhadap informasi yang diterima, menghindari informasi yang berisikan hoax atau ujaran kebencian yang dapat memecah belah masyarakat.

Sementara Kapolda Riau, Irjen.Pol. Mohammad Iqbal, S.I.K., M.H., dalam sambutannya juga menekankan peran institusi kepolisian sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat serta menjamin keamanan dan penegakan hukum.

“Kami ingin menggunakan upaya sesuai dengan tupoksi kami untuk menjamin pemilu aman, damai, kondusif, dan berintegritas,” ungkapnya. Ia menambahkan media memiliki peran penting dalam Cooling System Pemilu Damai dengan narasi-narasi baik yang mendinginkan.

“Kami sepakat, Pak Wakapolda, pak Irwasda, serta semua PJU dan Kapolres untuk menginisiasi lomba karya jurnalistik, kita penuhi narasi media dengan Pemilu damai kondusif,  Ayo jaga persatuan dan kesatuan walaupun berbeda pilihan, tapi persatuan dan kesatuan adalah hal yang paling utama,” pungkas Irjen Iqbal. Kemudian acara di lanjutkan dengan pengumuman pemenang dimulai dari kategori Polri

*Lomba foto kategori polri*

  1. Aiptu Andi Manopo Polres Bengkalis
  2. Ipda Ashari Antoni Polres Kampar

III. Briptu Riyan Krisandi S Polres Bengkalis

*Lomba Video Kategori Polri*

  1. Aipda Adi Suryana Polres Kampar
  2. Briptu Nanang Indra Polres Bengkalis

III. Iptu Cevin Thimorut Beryan Djari, S.Tr.K., M.H Polres Inhu.

 

*Lomba Foto Kategori Umum*

  1. Erpanizal
  2. Uswatun Hasanah Basri

III. Afrianto Silalahi

*Lomba Video Kategori Umum*

  1. Ryan Ronald Saputra
  2. Muhammad Rafli Juara

III. Aulia Roni Tuah

 

*Untuk kategori karya tulis*

  1. Banda Haruddin Tanjung / okezone.com
  2. Andy Indriyanto/halloriau.com

III. Bynton Simanungkalit/Tribun Pekanbaru.

 

Harapan I dan II :

  1. Raja Adil Siregar/detik.com
  2. Defri Candra Riauonline.co.id

*Untuk kategori Poto Jurnalis*

  1. Evan Gunanzar/ Riau Pos
  2. Mhd Akhwan/ Riau Pos

III. Wahyudi/ riauaktual.com

 

Harapan I dan II :

  1. Defrizal/ Riau Pos
  2. Dermawansyah/ Riaulink.com

 

*Untuk kategori lomba video Jurnalis*

  1. Ahad Laila Isnin/ Riau Televisi
  2. Novtri Fajar Ramadhan/ Tv One

III. Oki Sulistio/ Net.Tv

Harapan I dan II :

  1. Irwansyah/ TVRI
  2. Devi Hendrawan/ Riau Televisi

Dan masing-masing Juara I untuk setiap kategori perlombaan mendapatkan Rp.10.juta, Juara II Rp. 7,5 juta dan juara III Rp.5 juta. Sedangkan untuk juara harapan I dan II masing-masing memperoleh Rp.3 juta dan Rp.2 juta.

Sedangkan untuk peraih hadiah utama dari Bapak Kapolda berupa tiket Umroh diraih Oleh Banda Baharuddin Tanjung dari Media online okezone.com.

Untuk Pemenang Amplifikasi Terbaik

*Satker Polda Riau Terbaik Amplifikasi Media*

I.Ditlantas Polda Riau

II.Sat Brimob Polda Riau

III.Ditreskrimsus Polda Riau

 

*Satwil Jajaran Polda Riau Terbaik Amplifikasi Media Lokal*

I.Polresta Pekanbaru

II.Polres Inhil

III.Polres Pelalawan

 

*Satwil Jajaran Polda Riau Terbaik Amplifikasi Media Nasional*

I.Polresta Pekanbaru

II.Polres Rohul

III.Polres Dumai

( Redaksi TR / Sri.N / Rilis Humas Polda Riau )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini