Jokowi Lantik Lima Gubernur Baru dan Wakil Gubernur

0
522

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) memberikan ucapan selamat usai mengambil sumpah jabatan lima gubernur dan enam wakil gubernur di Istana Negara, Jakarta, Jumat (12/5)

Jakarta Tinta Riau.com Senin, 14 / 05 / 2017 – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 5 Gubernur dan 6 Wakil Gubernur di Istana Negara. Tampak hadir dalam acara pelantikan itu Ibu Negara Iriana, Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan para menteri. Selain itu, hadir pula dua mantan presiden yakni Megawati Soekarnoputri serta Baharuddin Jusuf Habibie.

Lima pasang Gubernur dan Wakil Gubernur yang dilantik hari ini merupakan hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Februari lalu, dan seorang Wakil Gubernur mengisi posisi yang sedang kosong.

Gubernur dan Wakil Gubernur yang dilantik, secara berurutan yaitu:

1. Dominggus Mandacan sebagai Gubernur Papua Barat;
2. Mohammad Lakotani sebagai Wakil Gubernur Papua Barat;
3. Erzaldi Rosman sebagai Gubernur Bangka Belitung;
4. Abdul Fatah Wakil Gubernur Bangka Belitung;
5. Wahidin Halim sebagai Gubernur Banten;
6. Andika Hazrumy  sebagai Wakil Gubernur Banten;
7. Ali Baal Masdar sebagai Gubernur Sulawesi Barat;
8. Enny Anggraeni Anwar sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Barat;
9. Rusli Habibie sebagai Gubernur Gorontalo;
10. Idris Rahim  sebagai Wakil Gubernur Gorontalo;
11. Wan Thamrin Hasyim sebagai Wakil Gubernur Riau (menggantikan posisi yang kosong).

Pelantikan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 46P Tahun 2017 tanggal 10 april 2017, Nomor 50 Tahun 2017 tanggal 27 April 2017, dan Nomor 52P-55P Tahun 2017 tanggal 10 Mei 2017.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, provinsinya masih terbelakang dibanding daerah lain. Karena itu, yang pertama akan dilakukannya adalah membangun infrastruktur, pendidikan, dan sarana kesehatan.

“Itu yang menjadi prioritas pertama saya ketika saya mulai bertugas sebagai Gubernur Banten,” katanya usai acara, Jumat (12/5).

Upacara pelantikan diawali dengan penyerahan petikan Keputusan Presiden kepada masing-masing Gubernur dan Wakil Gubernur di Istana Merdeka. Kemudian Presiden dan Wakil Presiden diikuti oleh para Gubernur dan Wakil Gubernur melakukan prosesi kirab dari Istana Merdeka menuju Istana Negara.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan yang secara langsung dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

(tintariau.com / Datakata.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here