Jelang Perayaan Imlek 2568 , Bank Indonesia Layani Penukaran Uang Rupiah Baru

0
499

BAGANSIAPIAPI, TINTARIAU.COM – Menjelang perayaan Imlek 2568 pada tanggal 28 Januari 2017 mendatang, wajah kota bagansiapiapi terlihat mulai ramai dengan berbagai persiapan pernak pernik lampu lampion baik di rumah warga eatnis keturunan thionghua , kelenteng , serta di Kiri kanan Jalan di kota bagansiapiapi di hiasi Lampion , terlihat juga masarakat sibuk melakukan penukaran uang rupiah baru. Dalam perayaan imlek identik dengan pemberian angpaw kepada sanak keluarga dan kerabat dekat.

Supaya warga tonghoa itu bisa mendapatkan penukaran uang baru berbagai pecahan, pihak Bank Indonesia (BI) pekanbaru menggelar pelayanan penukaran uang pecahanan yang dipusatkan di persimpangan pasar pelita tepatnya di depan kantor bea cukai (BC) Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir . Pelayanan penukaran uang pecahan mulai dari pecahan Rp20,000, Rp10.000, Rp5000, Rp2000 dan pecahan Rp1000.

“Pecahan uang yang ditukar oleh warga sangat bervariasi tergantung dari permintaan, pelayanan ini kita berikan untuk membantu masyarakat khususnya masyrakat tionghoa yang memerlukan uang pecahan untuk persiapan perayaan imlek,” kata Kasir Bank Indonesia, Hendra disela-sela melayani penukaran uang, Rabu (18/1/2017) siang kemaren.

Menurutnya, penukaran uang pecahan ini tidak hanya oleh warga keturunan tionghoa, akan tetapi masyrakat dari berbagai suku juga ikut mengantri untuk melakukan penukaran uang pecahan.

“Kita lihat masyarakatnya sangat antusias untuk mendapatkan uang baru berbagai pecahan. Baru dua jam saja uang baru sebesar Rp1 Miliar habis tertukar,” ungkapnya.

Menurut Hendra, antusiasnya masyarakat selain ingin melihat secara langsung bentuk uang baru juga ingin mengoleksi uang tersebut. Selain dari pada itu, Pihaknya tidak hanya memberikan pelayanan penukaran uang pecahan pada perayaan imlek saja, akan tetapi disetiap hari besar lainnya seperti hari raya idul fitri dan tahun baru akan dilakukan hal yang sama.

“Kalau stok uang tidak bisa kita jawab, yang penting untuk kebutuhan masyrakat rohil khususnya masyrakat tionghoa Bagansiapiapi bisa terpenuhi,” ungkapnya.

(tintariau.com / Jum’s)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here