2017, Diskanlut Rohil Akan Budidayakan Udang Galah.

0
461

BAGANSIAPIAPI  ( TINTARIAU.COM. ) Senin 07/11/2016-14:13:Wib  I – Dinas perikanan dan kelautan (Diskanlut) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) akan mencoba membudidayakan udang galah. Pasalnya, jenis udang itu selain memiliki potensi untuk dikembangkan juga hasilnya juga sangat menjanjikan. Selama ini jenis udang yang memiliki capit panjang berwarna biru itu menjadi salah satu sumber tangkapan nelayan tradisional hanya untuk dikonsumsi dan sebagainnya lagi dijual kepada yang berkantong tebal karena harganya cukup mahal.

Demikian dikatakan Pelaksana tugas (Plt) Kadiskanlut Rohil, M Amin Spi, Senin (7/11/2016) di Bagansiapiapi. Ia mengatakan, jenis udang yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi ini banyak terdapat disepanjang sungai rokan, salah satunya disungai yang ada dikepenghuluan Jumrah, kecamatan Rimba Melintang. Udang-udang itu biasanya dijual oleh nelayan disepanjang jembatan penghubung antara kota bagansiapiapi – Ujung tanjung.

Ia juga mengakui kalau potensi jenis udang galah kalau dibudidayakan hasilnya sangat menjanjikan. Makanya kita berencana pada tahun 2017 mendatang akan kita upayakan untuk membuat program pengembangan budidaya tersebut.

“Kita yakin budidaya itu sangat cocok dan hasilnya menjanjikan, makanya pada anggaran APBD 2017 mendatang kita minta pihak kepenghuluan agar mengusulkan program tersebut kepihak kecamatan agar bisa dibahas melalui Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang),” pinta Amin.

Disebutkan M Amin lagi, Dengan karakter dan kondisi lingkungan yang ada secara alamiah memang sangat mendukung untuk terwujudnya pengembangan udang Galah. Terlebih selama ini sungai Rokan memang menjadi salah satu tempat penghasil udang Galah itu.

“Untuk bibit bisa didatangkan dari daerah sentra budidaya udang galah seperti Yokyakarta dan daerah lainnya,” kata Amin.

Penulis  :jumaris.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here