Wabup Rohil, Pembayaran Bisa Cair Jika Administrasi Lengkap dan Rekom dari Inspektorat.

0
737

Rokan Hilir TINTARIAU.COM.Bagansiapiapi Selasa 20/06/2017 – Pekan ini merupakan minggu terakhir pencairan dana oleh Pemerintah kabupaten (Pemkab) Rohil sebelum masuknya Idul Fitri. Untuk itu, adminstrasi yang sudah lengkap akan dicairkan, sedangkan yang belum lengkap kemungkinan habis Lebaran.

Demikian ditegaskan oleh Wakil Bupati Rohil, Drs Jamiluddin, Senin (19/6/2017) di Bagansiapiapi. Dikatakan, bagi tunda bayar kepada rekanan, dana baru bisa dibayarkan apabila adminsitrasi lengkap serta adanya rekomendasi dari Inspektorat Rohil.

“Kalau administrasi lengkap, tapi rekom tidak ada ini agak sulit juga, karena kita hanya bayarkan pekerjaan yang memang sesuai dengan bestek,” kata Wabup.

Sementara itu untuk kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) didalamnya mencakup gaji honorer juga pekan ini terakhir pencairan. Jika tidak maka akan dicarikan usai Lebaran.

“Harapan kita khususnya gaji honorer harus diperioritaskan, kasihan juga kita karena sepekan lagi lebaran jadi OPD harus menggesa,” kata Wabup.

Ditambahkan Wabup, saat ini dana yang tersedia di kas daerah untuk Dana Bagi Hasil (DBH) berjumlah Rp99 miliar, sedangkan dana penerimaan pajak berjumlah Rp54 miliar. Jika berkaca dari piutang tunda bayar yang mencapai Rp312 miliar memang angkanya baru sebagian. “Makanya kita cairkan sesuai kemampuan dan syaratnya tentu administrasi dan rekom itu harus ada,” kata Wabup.

Ia juga meminta berbagai pihak mengerti, meskipun ada dana namun jika tidak lengkap maka akan sulit untuk dicairkan. Diakuinya, Pemkab memang banyak tunda bayar tahun 2016 lalu. Namun bukan berarti tak memperhatikan fisik yang telah dibangun. Sama halnya dengan Dana Desa (DD) bahwa saat ini sudah mulai dicairkan bagi desa yang administrasinya lengkap.

“Kalau mau cair sebelum lebaran ini tolong segera lengkapi, apalagi ini pekan terakhir jelang libur lebaran,” pungkasnya.

(tintariau.com/Jum’s)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here