Kades Banglas barat Akan Melakukan Action Program Peremajaan Hutan Mangrove di Pesisir Tepian Sungai dan Pantai Banglas barat Kec.Tebing Tinggi Kab.Kap.Meranti

0
479

KEPULAUAN MERANTI TINTARIAU.COM Tebing Tinggi , Senin 03 / 02 / 2020 – Jika kita bicara Kabupaten Kepulauan Meranti , jelas kita berfikir wilayah pesisir pantai , masyarakat pesisir pantai lebih dominan dengan penghasilan penangkapan ikan di laut , yang lebih dikenal masyarakat nelayan.

Disamping itu perlunya kita menjaga ekosistem laut kita agar tetap terjaga, maupun hutan bakau yang terkisis oleh abrasi gelombang pasang laut serta perambahan oleh penebangan liar terhadap hutan bakau.

Dalam kesempatan ini wartawan tintariau.com  melakukan wawancara dengan Bapak Kepala Desa Banglas Barat bersama Bapak Asnawi Nazar yang sa’at itu di dampingi Bapak Sugeng , salah satu dari Pendamping dari Perhutanan Sosial Wilayah II Sumatra dibawah balai perhutanan sosial dan kementrian lingkungan yang berpusat di Sumatra utara ( Medan ).

Kepala desa mengatakan dalam waktu dekat kita akan melakukan action untuk program penanaman mangrove , yang lebih di kenal oleh masarakat nelayan  penanaman peremajaan hutan bakau di pesisir pantai desa banglas barat ini.

”Asnawi  Nazar duduk santai sambil coffe break menjelaskan dan berbincang bersama wartawan Tintariau.com   Senin 11.30 wib , langkah awal yang kita lakukan untuk mendobrak membudidayakan mangrove di desa banglas barat kecamatan tebing tinggi.

Kades Asnawi Nazar akan melibatkan dan dibantu pak Sugeng yang notaben mengusai dalam hal ini , serta akan menyiapkan bibit dalam program ini , agar dalam  membudidayakan serta melestarikan langkah penanaman mangrove di desa banglas barat kecamatan tebing tinggi nantinya berjalan dengan baik sesuai keinginan kita .

Masih menurut Kades kita memiliki aliran sungai yang sering dilalui masyarakat di pingiran tepi sungai desa banglas barat , jika tidak kita lestarikan dengan penanaman mangrove maka lama kelamaan ini akan habis amblas akibat abrasi gelombang pasang.

hal ini akan secepatnya kita gerakkan bersama masyarakat,serta kelompok kelompok masyarakat yang ingin ikut serta didalam program kita ini, dengan catatan harapan kades meminta setelah hal ini terlaksana , agar masyarakat nanti bisa menjaga dan merawat,imbuhnya.

Ditempat yang sama pak Sugeng dengan segala pengalaman serta ilmu dan kemampuannya  juga membantu untuk mencari bibit yang sesuai dengan jenis pantai , agar saat ditanam oleh masyarakat desa banglas barat nantinya berhasil dan terwujud dengan baik

Pak Sugeng mengapresiasikan usaha dan program pak kades untuk membudidayakan penanaman mangrove ini agar secepatnya tersusun rencana yang matang dan terealisasi dengan baik  , sambil menutup pembicaraan dengan wartawan tintariau.com

( Redaksi / Firman / Putra )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here