Jelang Peresmian Puskesmas Tercantik di Riau Diresmikan, Pemkab Rohil Potong Satu Ekor Kerbau

0
465

Rokan Hilir TINTARIAU.COM Bagansiapiapi Selas 08/01/2019 – Jika tidak ada aral melintang, gedung baru Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Bagansiapiapi akan diresmikan pemakaiannya oleh Bupati Rohil H Suyatno AMp, Selasa (8/1) hari ini. Gedung megah yang dibangun menggunakan dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018 yang terletak di Jalan Jambu tersebut menghabiskan anggaran mencapai Rp4,8 miliar.

“Alhamdulillah pengerjaan pembangunan Puskesmas Bagansiapiapi sudah rampung dan sesuai dengan harapan kita bersama, maka dari itu Bupati minta sebelum diresmikan agar dilakukan pemotongan kerbau terlebih dahulu sebagai ungkapan rasa syukur,” kata Kadiskes Rohil, Hj Dahniar MKes, Senin (7/1/2018) di sela-sela menyaksikan penyembelihan kerbau.

Menurut Dahniar, pemotongan hewan berupa kerbau ini sebagai salah satu tradisi dan ungkapan rasa syukur atas selesainya pengerjaan suatu bangunan. Selain itu, nantinya kita juga melakukan doa bersama agar Puskesmas ini mampu melakukan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat. “Yang jelas pemotongan kerbau ini salah satu rangkaiannya sebelum bangunan itu diresmikan pemakaiannya,” ucapnya.

Dijelaskan, Puskesmas Bagansiapiapi ini sebutnya sudah berdiri sejak tahun 1975, bangunan itu dulunya berbentuk panggung. “Alhamdulillah Puskesmas Bagansiapiapi sudah bagus dan cantik, mudah-mudahan dengan kecantikan ini nantinya mampu memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat,” harapnya.

Mantan Direktur RSUD dr RM Pratomo itu juga mengatakan Kota Bagansiapiapi ini memenuhi kebutuhan wisata. Karena itu bangunan megah berciri khas wisata ini nantinya mampu menarik wisatawan untuk berkunjung. “Pariwisata dan kesehatan itu harus sejalan, maka dari itu bagaimana kita bisa membuat pasien merasa betah dengan menikmati wisata yang ada di sekitar Puskesmas ini,” ucap Dahniar.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Rohil H Nasruddin Hasan mengatakan bahwa bangunan Puskesmas Bagansiapiapi ini yang paling cantik di Provinsi Riau. “Tahun 2019 ini kita dapat lagi dana DAK untuk pembangunan dua Puskesmas. Yang pertama Puskesmas Bagan Puncak yang terletak disamping UNRI Batu Empat dan Puskesmas Kecamatan Rimba Melintang. Dimana kedua Puskesmas itu nanti megahnya sama dengan Puskesmas Bagansiapiapi ini,” ucapnya.

Untuk pemotongan kerbau sebutnya sebagai ungkapan rasa syukur atas selesainya pembangunan Puskesmas ini. Selain itu, juga berdoa agar Negeri Seribu Kubah ini bisa cepat keluar dari krisis ekonomi. “Harapan kita dengan bangunan baru ini sikap kerja yang selama ini baik agar ditingkatkan lagi. Tapi saya lihat jajaran Puskesmas Bagansiapiapi ini sangat serius dalam hal meningkatkan pelayanan,” tutupnya sembari memuji.

(Redaksi / Jum’s)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here