Budidaya Perikanan di Rokan Hilir Terus Ditingkatkan Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat

0
537

Rokan Hilir TINTARIAU.COM.Bagansiapiapi ,Rabu 26 / 04 / 2016  – Pengembangan perikanan dengan program budidaya semakin digencarkan oleh Dinas Perikanan Rokan Hilir (Rohil). Hal itu ditandai dengan adanya unit pengembangan atau balai benih ikan yang salah satunya terletak di daerah Kepenghuluan Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih Sedinginan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perikanan Rohil, M Amin Spi, Selasa (25/4/2017) mengatakan kalau pihaknya memang memprioritaskan pada program budidaya perikanan mengingat kegiatan tersebut terbukti sangat efektif untuk dilaksanakan apalagi hasil perikanan yang cepat berkembang. Gilirannya kalangan nelayan yang mengiatkan program budidaya akan mengalami peningkatan kesejahteraan secara signifikan.

“Kalau saya memang ingin fokus pada kegiatan budidaya perikanan, selain didukung oleh ketersediaan benih disamping itu areal untuk budidaya juga ada,” kata Amin. Ia juga mengatakan kalau dari sektor perikanan tangkap telah menunjukkan tren penurunan. Tidak mungkin bisa mengandalkan terus dari perikanan tangkap tersebut meskipun memang diakui bahwa Bagansiapiapi pernah dikenal sebagai penghasil ikan terbesar di dunia pada era 1980-an.
Beberapa jenis ikan yang prospek untuk dibudidaya sebutnya seperti Nila, Patin, Selais, dan lain-lain. Bukan hanya untuk kategori perikanan air tawar atau sungai, pihaknya juga telah mengembangkan potensi budidaya untuk perikanan air asin. “Untuk budidaya seperti ikan Senangin, diarahkan di Panipahan Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika),” ujarnya.

Sementara itu salah satu yang tengah digiatkan dinas pada saat ini adalah kegiatan Restocking Ikan Selais di Sungai Rokan. Program Restocking terangnya merupakan kegiatan mengembangbiakan potensi ikan Selais di sepanjang aliran Sungai Rokan. Program itu ditingkatkan dengan harapan dapat membuat ikan yang terkenal lezat itu dapat mengalami pertumbuhan secara maksimal dan di sisi lain jumlahnya bertambah.
(tintariau.com / Jum’s)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here