Dato’ Hamka Terima Mandat Sebagai Panglima Pasukan Adat Gagak Hitam Kota Dumai

0
142

TINTARIAU.COM , Dumai , Sabtu  , 28/ 05 / 2022 – Pasukan Adat dan Marwah Gagak Hitam Kota Dumai mendapatkan  kunjungan dari Panglima Besar Nasional Pasukan Adat Hitam Dato’ Arba Udin alias Udin Pelor beserta rombongan, Panglima Pasukan Adat Gagak Hitam Provinsi Riau Dato’ Yusri Yano (Megad Sri Noya) beserta Rombongan, Pengurus Pertumbuhan Jalinan Kasih 2 Roda Malaysia / Mentari Merah Entertainment, Kanda Chip Malaya.

Bertempat di Jalan Hangtuah, Kelurahan Buluh Kasap, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai. Acara penyambutan Panglima Besar Nasional Pasukan Adat Hitam dan Panglima Pasukan Adat Gagak Provinsi Riau beserta Rombongan ini turut dihadiri oleh Ketua Perkumpulan Pengusaha Lokal Dumai (PPLD), Ichan Ag beserta rombongan, para calon anggota Gagak Hitam Sambang Kota Dumai beserta para undangan. Rabu, (25/05/2022).

Pada kesempatan ini, kedatangan Panglima Besar Nasional Pasukan Adat Gagak Hitam dan Panglima Pasukan Adat Gagak Hitam Provinsi Riau adalah untuk bersilaturahmi sekaligus penyerahan Mandat kepada Calon Panglima Gagak Hitam Sambang Kota Dumai yang akhirnya diserahkan kepada Dato’ Hamka Bin Hasan Kadir.

Menyikapi atas penyerahan mandat Panglima Sambang Pasukan Adat Gagak Hitam Kota Dumai yang telah dipercayakan kepada dirinya, Hamka Bin Hasan Kadir yang kerap disapa Tok Hamka ini menyampaikan, Saya mengucapkan ribuan terimakasih atas kedatangan dan kepercayaan yang telah diberikan oleh Panglima Besar Nasional Pasukan Adat Gagak Hitam dan Panglima Pasukan Adat Gagak Hitam Provinsi Riau kepada saya.

“Kedepannya saya akan berkoordinasi kepada para panglima-panglima, tokoh-tokoh dan pemangku-pemangku adat yang ada di Kota Dumai. Serta Kita akan sesegera mungkin untuk melakukan penyusunan struktur organisasi Pasukan Adat Gagak Hitam Kota Dumai ini,” sebut Panglima Sambang Pasukan Adat Gagak Hitam Kota Dumai.

Panglima Hamka menambahkan, Serta setelah terbentuk struk organisasi, kita akan segera menentukan apa program jangka pendek dan program jangka panjang Pasukan Adat Gagak Hitam Kota Dumai ini nantinya. Dan juga apa kegiatan-kegiatan sosial yang nantinya akan kita lakukan, karena Pasukan Adat Gagak Hitam ini identik dengan kegiatan sosial.

“Mudah-mudahan kedepannya Pasukan Adat Gagak Hitam Kota Dumai ini dapat bersinergi dengan organisasi dan lembaga yang ada, sehingga dapat menegakkan Adat dan Marwah Melayu,” pungkas Panglima Hamka sembari mengakhiri.

Pada kesempatan ini Panglima Besar Nasional Pasukan Adat Gagak Hitam Kanda Arba Udin mengatakan, Alhamdulillah saya menginjakkan kaki di tanah Dumai, tanah bertuan. Dumai itu Dunia Manusia Islami, Alhamdulillah.

“Gagak Hitam adalah Gerakan Generasi Anak Kepulauan – Hidup Indah Tegaknya Adat dan Marwah. Mengapa kita memakai simbol Gagak Hitam, karena Gagak Hitam ini adalah burung pertama yang diutus oleh Allah SWT didalam Surat Al-maidah ayat 31,” imbuh Panglima Besar Nasional Pasukan Adat Gagak Hitam.

Sementara Panglima Pasukan Adat Gagak Hitam Provinsi Riau Kanda Yusri Yano setelah menyerahkan Mandat kepada Hamka Bin Hasan Kadir menuturkan, Selamat kepada Adinda Hamka Bin Hasan Kadir yang telah menerima mandat sebagai Panglima Sambang Gagak Hitam Kota Dumai.

“Pada kesempatan ini kita juga menyerahkan AD/ART Gagak Hitam, AD/ART ini nantinya wajib  ditaati oleh seluruh pengurus maupun anggota. Apabila nantinya ada kesalahpahaman, bisa nantinya kita menerangkan dan menjelaskan melalui AD/ART Gagak Hitam ini,” imbuhnya.

“Mandat ini saya berikan kepada Adinda Hamka sebagai Panglima Pasukan Adat Gagak Hitam Kota Dumai untuk membentuk kepengurusan selambat-lambatnya 3 bulan. Seandainya dalam waktu 3 bulan struktur organisasi belum dibentuk, maka mandat tersebut tidak berlaku lagi,” pungkas Panglima Sambang Riau sembari mengakhiri.

Tidak ketinggalan, Ichan Ag Ketua Perkumpulan Pengusaha Lokal Dumai (PPLD) turut memberikan ucapan selamat kepada Kanda Hamka atas penyerahan Mandat yang diberikan kepada beliau sebagai Panglima Sambang Gagak Hitam Kota Dumai

“Pada hakikatnya di Kota Dumai ini telah berdiri Organisasi-organisasi, Ormas-ormas Melayu yang telah sama-sama menjaga Adat dan Marwah Melayu. Dengan adanya Gagak Hitam ini, semoga semakin menambah erat dan bertambah kuat akan Jiwa kita terhadap Melayu, Cinta kita terhadap Melayu dan terutama sekali bangun cita-cita kita, cita-cita terhadap adik-adik kita untuk cinta terhadap Kota Dumai,” ungkap Ichan.

( Redaksi TR / Sri.N *** )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini